Ko-eksistensi Kars dan Caliche Formasi Wonosari

Ko-eksistensi Kars dan Caliche Formasi Wonosari Daerah Semanu dan Sekitarnya Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Daerah telitian secara administratif termasuk Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Secara geografis terletak pada koordinat X = 462000 – 467000 dan Y = 9111600 – 9115712. Secara fisiografi termasuk Zona Pegunungan Selatan.

Secara geomorfologi, termasuk bentukan asal kars yang terbagi menjadi tiga bentuklahan yaitu bentuklahan dolina (K6), bentuklahan perbukitan kars (K10), dan dataran kars (K11). Pola pengaliran berupa multibasinal (Howard, 1967).

Struktur Geologi yang bekerja pada daerah telitian berupa struktur kekar dengan hasil analisis σ1: 690, N 1830 E; σ2: 70, N 2910 E; dan σ3: 210, N 0230 E.

Stratigrafi daerah telitian berupa Satuan batugamping-terumbu Wonosari (Miosen Akhir – Pliosen Awal) dan Satuan batugamping-berlapis Wonosari (Miosen Akhir – Pliosen Awal). Satuan-satuan batuan tersebut memiliki hubungan stratigrafi menjari.

Dua satuan batuan tersebut disusun oleh dominasi litologi, morfologi, dan pola sebaran yang berbeda. Satuan batugamping-terumbu disusun oleh dominasi litologi berupa boundstone, menempati morfologi bukit yang berbentuk kerucut, dan tersebar di bagian selatan daerah telitian. Sedangkan Satuan batugamping-berlapis disusun oleh dominasi litologi berupa wackestone, menempati morfologi yang berbentuk cembung, dan tersebar di bagian utara daerah telitian.

Potensi geologi yaitu berupa bahan galian golongan C yang diolah menjadi bahan pondasi rumah, alas rumah (ubin atau keramik), hiasan tembok, bahan pengganti batu bata, dan bahan pengeras jalan.

Comments are closed.